PENGENALAN SQL SERVER 2000 dan Fasilitas Penting SQL Server

Microsoft  SQL  Server  2000  ialah  perangkat  lunak  Relational  Database Management  System  (RDBMS)  yang  handal.  Dirancang  untuk  mendukung  proses transaksi  yang  besar  seperti (inventori,  akuntansi  atau manufaktur)  dengan  arsitektur client/server. 


Dalam sistem client/server, ada suatu program yang meminta pelayanan khusus dan  ada  juga  yang  memproses  palayanan  dari  permintaan  tersebut.  Program  yang meminta  pelayanan  disebut  client,  sedangkan  yang  memberikan  pelayanan  disebut server.   Microsoft SQL Server  2000  juga ditujukan untuk  arsitektur  ini. Data  disimpan dan diatur oleh server, sedangkan client berinteraksi dengan user dan mentransmisikan user ke server. SQL Server 2000 dapat dijalankan pada sistem operasi Windows NT4.0 Server  atau  Microsoft Windows  2000  Server,  dan  dapat  diinstall  juga  pada  personal desktop di Windows 2000 profesional, Windows 98 dan Windows Millenium.  

SQL Server  2000  terdiri  atas  tujuh edisi  berbeda  yang  tersedia  pada CD  yang berbeda, yaitu Standard Edition, Enterprise Edition, Personal Edition, Developer Edition, Windows  CE  edition,  Evaluation  edition  dan  Microsoft  Desktop  Engine  (MDE).  SQL Server  2000  mempunyai  fasilitas  tambahan  yang  membuat  ia  memiliki  kemampuan penuh dalam e-Commerce. SQL Server 2000  secara otomatis akan menginstall enam database  utama,  yaitu  master,  model,  tempdb,  pubs  Northwind,  dan  msdb.  Berikut penjelasan masing-masing database :  

1. Master
Master database  ialah gabungan dari  tabel-tabel sistem yang mencatat  instalasi server  secara  keseluruhan  dan  seluruh  database  yang  dibuat  secara  subsekuen. Database  master  sangat  kritis  pada  sistem  Anda,  jadi  pastikan  untuk membackup/mengkopinya.  Operasi  seperti  pembuatan  database  lainnya,  mengubah konfigurasi  dan  memodifikasi  account  login  akan  mengubah  database  master,  jadi setelah melakukan aktivitas tersebut, Anda harus membackup database master.

2. Model
Model database  ialah  template database. Setiap kali Anda membuat database, SQL  server membuat  sebuah  kopi  dari model  untuk membentuk  basis  dari  database baru.  Jika  Anda  menginginkan  setiap  database  baru  untuk  memulai  dengan  obyek tertentu atau ijin, Anda dapat meletakkannya di model, dan seluruh database baru akan mengikutinya. 

3. Tempdb
Tempdb  ialah database  tempat menampung data sementara untuk wadah kerja kita. Database  ini akan dibuat setiap SQL server di start ulang. Seluruh pengguna/user mempunyai hak untuk membuat dan menggunakan  tabel private dan global sementara yang disimpan di database  tempdb  (tabel private dan global mempunyai awalan # dan ##).

4. Pubs
Database  ini  ialah  database  contoh  yang  sering  digunakan  untuk  panduan belajar SQL server. Anda boleh menghapusnya jika Anda tidak menginginkannya. Anda tidak  perlu  takut  untuk  membuat  perubahan/modifikasi  pada  database  pubs,  karena Anda dapat menginstall ulang database pubs dengan menjalankan scriptnya pada sub-direktori  install. Pada SQL Query Analyzer,  buka  file  dengan  nama  Instpubs.sql  dan eksekusi  file  script  tersebut. Pastikan  bahwa  tidak  ada  database  pubs  di  server Anda dengan men-drop database tersebut.

5. Northwind
Database  Northwind  ialah  contoh  database  yang  awalnya  dibangun  untuk digunakan  di  Microsoft  Access.  Database  Northwind  dapat  dibuat  dengan  cara  yang sama  seperti  database  pubs,  yaitu  dengan  menginstal  instnwnd.sql  di subdirektori\install.

6. Msdb 
Database MSDB  digunakan  oleh SQL Server Agent Service,  yang membentuk aktivitas  terjadwal seperti backup dan  tugas-tugas replikasi. Seluruh  informasi di dalam msdb  dapat  diakses  dari  SQL Server Enterprise Manager.  Jadi,  Anda  biasanya  tidak harus mengakses data secara langsung.

Fasilitas-Fasilitas Penting SQL Server
SQL  Server  2000  lengkap  dengan  fasilitas-fasilitas  yang  mempermudah pengguna menangani database, diantaranya ialah : 

1. Web Assistant Wizard
SQL  Server  menyediakan  cara  untuk  bekerja  dengan  Internet  menggunakan WEB  Assisstant  Wizard  dan  interoperability  dengan  Microsoft  Internet  Information Service (IIS). Meskipun Web Assistant Wizard dan IIS memungkinkan SQL Server data untuk  digunakan  dengan  web  page. Web  Assistant Wizard  membuat  file  HTML  dari query SQL Server, sehingga membuat kita mudah untuk mempublikasi data SQL Server di Internet.

2. SQL Server Profiler
SQL Profiler  ialah  utility  graphis  yang mengizinkan  administrator  database  dan pengembang  aplikasi  untuk memonitor  dan merekam  aktivitas  database.  SQL  Server dapat menampilkan seluruh aktivitas Server secara real time, atau dapat membuat filter yang  terfokus  pada  aksi  dari  pengguna  tertentu,  aplikasi  atau  tipe-tipe  perintah. SQL Profiler  ialah  perangkat  yang  penting  untuk menyesuaikan  (tuning)  dan melacak kesalahan aplikasi, mengaudit dan memprofil penggunaan SQL Server.

3. SQL Server Service Manager
SQL  Server  Service  manager mengatur  seluruh  objek  dari  SQL  Server,  SQL Server Agent dan MS DTC.  Ia menyediakan cara yang mudah untuk memulai, berhenti atau mencek keadaan dari layanan yang ada.
4. SQL Query Analyzer
SQL Query Analyzer adalah  tool yang paling penting untuk belajar SQL. Fungsi Query Analyzer ialah memasukkan perintah query untuk melihat data. Tampilan pertama kali ketika masuk keQuery Analyzer adalah sebagai berikut :

 


Secara  default,  kita  tidak  perlu memasukkan  password,  oleh  karena  itu  cukup menekan tombol OK dan akan tampil tampilan sebagai berikut : 
 

Pada  ruang  yang  tersedia,  disitulah  Anda  mengetik  script  yang  diinginkan. Sebagai contoh, Anda ingin menampilkan semua data calon mahasiswa pada database PMB  dari  tabel  CalonMahasiswa,  maka  script  yang  Anda  tulis  dibagian  atas  seperti Gambar 2.3. adalah sebagai berikut :
Select  *
From CalonMahasiswa
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teori Kepemimpinan

Pengadaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan

Pendekatan Tingkah Laku Pada Kepemimpinan