Pengertian Wirausaha dan Kewirausahaan

Secara Etimologi istilah wirausaha berasal dari kata "Wira" dan "usaha". Kata wira bermakna berani,utama,atau perkasa. sedangkan "Usaha" bermakna kegiatan dengan mengarahkan tenaga pikiran dan fisik untuk mencapai sesuatu tujuan.

https://kemanadicari.blogspot.com
wirausaha adalah kemampuan untuk menciptakan,mencari,dan memanfaatkan peluang dalam menuju apa yang diinginkan apa yang diinginkan sesuai dengan yang diidealkan. wirausaha berdekatan dengan istilah wiraswasta,meski terdapat perbedaan. wirausaha berfokus pada object sedankan wirausaha lebih menekankan pada jiwa semangat dan kemudian mengaplikasikannya dalam segala aspek kehidupan.

wirausaha lebih bermain dengan cara memanfaatkan peluang-peluang. sedangkan wiraswasta lebih cenderung kepada seseorang yang memanfaatkan modal yang dimilikinya untuk membuka suatu usaha tertentu.

wirausaha dalam bahasa perancis adalah Entrepreneur. yang dimana kata Entre berarti antara, sedangkan Prendre berarti mengambil. pada dasarnya kata ini digunakan menggambarkan orang-orang yang berani mengambil resiko dan memulai sesuatu yang baru.

wirausaha dalam bahasa inggris go between atau between-taker yang bermakan perantara. contohnya saat marcopolo merintis dari jalur pelayaran perdagangan, marcopolo setuju menandatangani kontrak untuk menjual barang dari pengusaha. kontrak ini memberikan pinjaman dagang kepada Marcopolo dengan bagian keuntungan sebesar 20% termasuk asuransi. pemililik modal tidak menanggung resiko apapun sedangkan si pedagang yang berlayar menanggung resiko besar.

Bahasa kewirausahaan baru terkenal pada tahun 1980-an  ketika ekonom perancis Ricard Cantillon mengaitkan entrepreneur dengan aktivitas menanggung resiko dalam perekonomian. menurutnya entrepreneur adalah "agent who buys means of production at certain prices in order to combine them.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teori Kepemimpinan

Pengadaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan

Pendekatan Tingkah Laku Pada Kepemimpinan