Peran Peran Manajer
PERAN PERAN MANAJER
Peran manajar dalam organisasi/perusahaan itu sangat lah penting. Manajar adalah motivator bagi karyawan-karyawan dan salah asatu ujung tombak dari keberhasilan suatu organisasi. Henry Mintzberg, seorang ahli riset ilmu manajemen, mengemukakan bahwa ada sepuluh peran yang di mainkan oleh manajer di tempat kerjanya. Kesepuluh peranan yang di maksu adalah :
1. Figure Head Role ( peran sebagai kepala ) ; peranan untuk mewakili organisasi yang dipimpinnya dalam setiap kesempatan dan persoalan yang timbul secara formal.
2. Leader Role ( peran pemimpin ) ; menjadikan unit organisasinya berfungsi sebagai suatu kesatuan dalam mencapai tujuan di mana manajer perlu mengarahkan, memotivasi, dan menciptakan kondisi yang memungkinkan untuk berkerja bagi pengikutnya.
3. Liaison Role ( peran penghubung ) ; yang mengharuskan manajer melakukan interaksi dengan teman, staf, dan orang-orang lain yang berada di luar organisasinya untuk mendapatkan informasi.
4. Monitor Role ( peran pemantau ) , peranan yang mengharuskan seseoarang manajer untuk menjadi pencari, penerima dan pengumpul informasi agar supaya mampu mengembangkan pengertian yang baik dari organisasi yang dipimpin.
5. Disseminator Role ( peran penyebar ) ; menempatkan manajer sebagai penyebar informasi ke seluruh jajaran organisasi yang menjadi tanggung jawabnya.
6. Spokesman Role ( peran juru bicara ) ; peran manajer untuk mewakili organisasi untuk menyampaikan informasi ke luar lingkungan organisasinya.
7. Entrepreneur Role ( peran wirausaha) ; pemrakarsa dan perancang bagi sejumlah perubahan yang terkendali dalam organisasinya.
8. Disturbance-Handler Role ( peran penghalau gangguan ) ; peran yang membawa manajer untuk bertanggung jawab ketika organisasinya mengalami krisis yang sering tidak direncanakan sebelumnya.
9. Resource Allocator Of Role ( peran pembagi sumber daya ) ; peran manajer sebagai penentu di dalam mengalokasi sebagai sumber daya, seperti keungan/dana untuk kegiatan tertentu dalam organisasi.
10. Negotiator Role ( peran perunding ) ; peran yang menempatkan manajer sebagai perunding baik dengan pihak dalam atau pihak luar organisasi sebagai pemecah masalah-masalah yang di hadapi organisai.
Henry Mintzberg mengelompokkan kesepuluh peran itu ke dalam tiga kelompok yaitu :
1. Peran antar pribadi : peran yang melibatkan orang lain dan kewajiban orang lain,yang bersifat seremonial dalam simbol peran yang meliputi sebagai figure untuk anak buah, pemimpin, dan penghubung.
2. Peran informasional, adalah peran manajer sebagai pemantau dan penyebar informasi serta peran sebagai juru bicara.
3. Peran pengambilan keputusan, meliputi peran wirausahawan, pemecah masalah, pembagi sumber daya, dan perunding.
Komentar
Posting Komentar