Langkah-Langkah membuat program komputer

Langkah-Langkah membuat program komputer

Ada beberapa langkah untuk membuat suatu program komputer untuk aplikasi tertentu. Langkah-langkah ini tidak tergantung pada komputer ataupun bahasa pemrograman yang digunakan, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:


1. Pelajari requirement specification (spesifikasi kebutuhan) dari aplikasi tersebut. Adalah sangat penting kebutuhan dari aplikasi tersebut dapat ditentukan dengan benar. Sebelum mulai merancang program untuk aplikasi tersebut, adalah perlu bahwa requirement specification telah lengkap dan konsisten. Sebagai contoh : suatu requirement specification menyebutkan `buat sebuah program untuk menghitung sebuah persamaan' adalah belum lengkap, anda harus bertanya untuk informasi selanjutnya seperti `Jenis persamaan?', `berapa banyak persamaan?', `sampai berapa akurat?' dll.

2. Analisa masalah tersebut dan putuskan bagaimana untuk memecahkannya. Pada tahap ini anda harus menentukan suatu metode agar masalah tersebut dapat dipecahkan, metode tersebut sering disebut sebagai Algorithm.

3. Terjemahkan algoritma tersebut menjadi suatu program dalam dengan high-level language. Bentuk tertulis dari program disebut sebagai source program atau
source code. Pada tahap ini desk-check untuk memeriksa kebenarannya, dan
diperbaiki, pada tahap ini anda membutuhkan Editor.

4. Compile program tersebut menjadi machine-language. Bahasa mesin yang
dihasilkan disebut sebagai object code. Pada tahap ini compiler akan mencari
Syntax errors dalam program.

5. Object code yang dihasilkan oleh compiler akan di link dengan berbagai function
library disediakan oleh system. Pada tahap ini diperlukan suatu program linker
yang akan mengabung object code yang dimuat kememori oleh sebuah program
yang disebut sebagai loader.

6. Jalankan hasil link, dan periksalah apakah adanya Logical errors. Kesalahan lain yang dapat saja terjadi adalah run-time error. Jika ada kesalahan pada tahap ini, maka program harus diperbaiki kembali mulai dari langkah (3), (4) dan (5), sampai hasilnya memuaskan.

7. Sekarang program telah dapat digunakan, dan perlu adanya documentation untuk keperluan perbaikan dikemudian hari

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teori Kepemimpinan

Pengadaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan

Pendekatan Tingkah Laku Pada Kepemimpinan