Pengertian Komunikasi Intrapersonal dan Komunikasi Interpersonal

Pengertian Komunikasi Intrapersonal dan Komunikasi Interpersonal


Komunikasi intrapersonal adalah komunikasi dengan diri sendiri. Kita terlibat dalam percakapan diri sendiri untuk merencanakan hidup kita, untuk melatih berbagai cara bertindak, dan mendorong diri sendiri untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu. Komunikasi intrapersonal adalah proses kognitif yang berlangsung di dalam diri kita,komunikasi intrapersonal hanya sekedar untuk istilah berfikir. Buku Donna Vocate (1994) yang berjudul Intrapersonal Communication, dimana sepenuhnya dicurahkan untuk komunikasi intrapersonal yang merefleksikan pentingnya bidang studi dan pengajaran ini. Banyak konselor yang fokus pada peningkatan harga diri dengan mengubah bagaimana kita berbicara dengan diri sendiri(Rusk&Rusk,1988,Seligman,1990,2002). 
Contohnya : Jika saya gagal di ujian ini, saya benar-benar bodoh sekali. Saya tidak akan pernah lulus, bahkan jika saya lakukan, tidak ada yang mau memperkerjakanku. Dikarenaka apa yang kita katakana kepada diri sendiri memengaruhi perasaan kita, kita harus menantang percakapan  diri yang negatif dengan mengatkan, Hei, tunggu. Satu ujian tidak mungkin mengukur tingkat kecerdasanku. Nilai rata-rata kuliahku baik. Apa yang kita katakana pada diri sendiri meningkatkan atau menghancurkan harga diri dan berakibat pada efektivitas kita dalam berbagai konteks mulai dari wawancara gingga berbicara di depan umum. Komunikasi Intrapersonal memungkinkan kita melatih beberapa macam skenario, sehingga kita dapat menilai bagaimana hasil dari masing-masing.  
3 pernyataan yang di buat mike.

1. Menyuruh orang itu diam.
2. Menyarankan kelompok untuk peraturan yang sama rata.
3. Mengajak orang itu minum kopi berdua dan memintanya untuk tidak mendominasi kelompok.

Mike dapat memikirkan berbagai cara untuk mendekati anggota kelompok itu, menimbang-nimbang konsekuensi masing-masing pilihan, kemudian memilih satu untuk dilaksanakan. 
Komunikasi Interpersonal adalah Komunikasi yang berurusan dengan sesama manusia. Di satu sisi, semuanya kecuali komunikasi Intrapersonal adalah Interpersonal. Namun, definisi yang luas tidak memberikan batas-batas yang berguna bagi bidang studi ini. Komunikasi Interpersonal ada sebagai rangkaian kesatuan mulai dari impersonal sampai sangat personal. Komunikasi yang paling Impersonal muncul ketika kita mengabaikan orang lain atau memperlakukannya sebagai objek. Di tengah rangkaian kesatuan adalah interaksi dengan orang lain di dalam peran social. Komunikasi personal muncul di dalam apa yang Filsuf Martin Buber (1970) sebut sebagai hubungan “Aku-Engkau”, dimana setiap orang memperlakukan yang lain sebagai orang yang unik dan keramat. Riset megindifikasikan bahwa komunikasi adalah sumber hidup bagi persahabatan erat dan hubungan romantic. Komunikasi adalah cara utama bagi manusia untuk mengembangkan keintiman dan terus-menerus menata ulang hubungan untuk dapat memenuhi kebutuhan dan identitasnya yang berubah-ubah.  Pasangan yang belajar mendengarkan dengan sensitif dan berbicara dengan satu sama lain memiliki kesempatan besar untuk langgeng.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teori Kepemimpinan

Pengadaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan

Pendekatan Tingkah Laku Pada Kepemimpinan